Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Apa itu Buku Berjalan?

DSCN2638

Today a reader, tomorrow a leader.

For better Indonesia.

Berangkat dari sebuah cita-cita untuk Indonesia yang gemar membaca, Buku Berjalan kemudian lahir sebagai sebuah komunitas pada tanggal 8 September 2012. Lemahnya kualitas literasi dan kurangnya minat untuk membaca yang terjadi di Indonesia adalah sebuah fenomena yang harus disikapi dengan bijak. Akar persoalan tidak selalu ada pada masyarakat yang pemalas atau apatis. Tetapi sarana dan prasarana yang menunjang penduduk Indonesia untuk membaca buku dinilai kurang memadai.

Dalam proses mengembangkan suatu entitas masyarakat yang gemar membaca (reading society), sinergisme dari berbagai pihak adalah hal vital yang harus dikembangkan. Kesadaran bahwa kualitas literasi akan meningkatkan kualitas pendidikan bangsa ternyata seringkali luput dari perhatian. Dengan kemampuan membaca dan menulis yang tinggi, maka suatu bangsa akan menuju peradaban yang lebih tinggi. Pintu-pintu keilmuan akan terbuka dan pembangunan manusia akan tercipta kearah yang lebih baik. Sehingga akan tercipta bangsa Indonesia dengan kompetensi diri yang sanggup bersaing di tengah arus globalisasi. Meski pada faktanya, Indonesia telah mencanangkan 2020 sebagai tahun bebas buta aksara namun usaha yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal. Sebagai sebuah komunitas, Buku Berjalan hadir untuk menstimulasi hadirnya reading society di negeri ini. Pemuda-pemuda di balik lahirnya Buku Berjalan memiliki semangat untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Bentuk kegiatan yang dihadirkan Buku Berjalan untuk masyarakat adalah sebagai mitra bagi komunitas-komunitas (khususnya yang bergerak di bidang pendidikan, anak dan pemuda) untuk membangun taman bacaan atau perpustakaan.

Buku Berjalan juga membuka kesempatan kerjasama untuk  event-event yang berbasis literasi, pendidikan maupun kesejahteraan anak dan pemuda.

Kami sepenuhnya sadar bahwa Indonesia saat ini sedang bergerak menuju sebuah perubahan. Kami pun sadar bahwa setiap komponen harus bersama-sama demi mewujudkan perubahan yang baik bagi negeri ini. Kami membuka jaringan dengan berbagai komunitas karena hal ini adalah satu-satunya cara untuk membuktikan kepada banyak pihak bahwa masyarakat ingin terlibat. Kami, pemuda, ingin terlibat. Ini gerakan kami. Ini komunitas kami. Ini rumah kami. Kami bangun dengan segenap semangat dan kekuatan. Untuk Tanah Indonesia yang gemar membaca.

Salam,

Buku Berjalan Indonesia.