Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 6, 2014 in Blog | 0 comments

Fun Storytelling Training Project Report (Second Week)

Selamat pagi, adik-adik! Pada hari Sabtu, 27 September 2014 lalu, di SDN Pejaten Barat 01 pagi, dimulai lagi kegiatan #FunStoryTellerProject. Pertemuan kali ini cukup istimewa karena ada beberapa adik yang baru masuk dan bergabung. Semangat mereka memang harus diacungi jempol, deh! Jam 8 pagi adik-adik sudah tiba di sekolah dan langsung duduk manis di ruang kelas 1 SDN Pejaten Barat 01 Pagi.
Kali ini, kegiatan dimulai dengan games seru dari kakak Imce. Adik-adik dibagi menjadi 2 kelompok dan duduk berdasarkan abjad. Kelompok yang paling cepat mengatur posisi duduk mereka adalah pemenangnya. Ternyata, adik-adik kelas 1 SDN Pejaten Barat 01 Pagi pintar semua, lho! Mereka dapat menyelesaikan games tersebut dengan cepat dan tepat. Hasilnya seri deh!

Kak Mamet kemudian mengajak adik-adik untuk keluar kelas dan menuju lapangan sekolah. Wah, mau ngapain ya kak Mamet? Ternyata… Mereka mau diajak senam SKJ! Lucunya, ternyata adik-adik nggak banyak yang tahu tentang senam SKJ. Alhasil, kak Mamet, kak Imce, dan kak Yola maju kedepan untuk menjadi instruktur senam. Wah, memang kenapa sih pagi-pagi kok harus senam? Iya dong, biar sehat dan semangat mengikuti training hari ini! Selain gerakan senam, kak Mamet juga mengajak adik-adik untuk olah vokal dan senam muka. Mereka harus latihan mengeluarkan suara dalam 1 nafas panjang. Misalnya, ‘AAA..’ dalam 1 nafas panjang. Selain itu, mereka juga mengeluarkan suara ‘A,I,U,E,O..’ dalam 1 nafas panjang. Eits, ada ketentuannya loh untuk latihan ini. Adik-adik harus mengeluarkan suara tersebut dengan menggunakan nafas perut dan membuka mulut selebar-lebarnya sesuai dengan huruf yang diucapkan. Wah, mereka terlihat antusias deh!

week2 1

Selain itu, kak Mamet juga mengajak adik-adik untuk senam muka. Mereka diajak berpasangan dan harus memperhatikan muka pasangan yang lain. Nah lho, maksudnya gimana tuh? Jadi, ketika kak Mamet memberi instruksi ‘keluarkan muka gembira’, maka adik-adik diharuskan untuk menunjukkan muka gembira tanpa suara. Instruksi yang diberikan pun bermacam-macam, seperti muka sedih dan muka marah. Adik-adik terlihat antusias memperagakan muka-muka tersebut, beberapa ada juga yang terlihat tertawa karena tidak kuat menahan lucu. Waaah, seru banget kan? Tapi, kenapa pagi-pagi adik-adik disuruh senam SKJ dan senam muka ya? Nah, tujuannya adalah agar mereka dapat menjadi seorang pembaca cerita yang memiliki suara yang lantang dan juga ekspresi yang mendukung.

week2

Setelah selesai senam, kak Yola mengajak adik-adik untuk kembali ke perpustakaan dan mengambil buku cerita yang mereka sukai. Mereka diberi waktu kira-kira 20 menit untuk membaca cerita tersebut dalam hati. Setelah itu, mereka ditantang untuk maju kedepan dan membacakan cerita yang sudah dibacanya. Wah, masih banyak yang malu ternyata. Pada akhirnya, Ayu dengan berani maju untuk membaca cerita. Ketika Ayu maju, ternyata Ayu masih terlihat seperti menghapal cerita yang telah dibaca. Selain Ayu, ada Novi yang juga maju dan membaca buku yang telah ia baca.

week 2 2

Setelah mereka selesai, kak Yola dan kak Imce memberitahu kepada adik-adik bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pembaca cerita. Seorang pembaca cerita yang baik harus berani dan semangat dalam membacakan cerita, memiliki intonasi suara yang sesuai, memiliki ekspresi, menggunakan gerak tubuh dalam mendukung cerita, dan memperhatikan audiens. Jadi, pembaca cerita harus berani untuk berekpresi dan bergerak agar para pendengar mau memperhatikan dan mengerti jalan cerita. Boleh saja membawa buku, namun pembaca cerita tidak boleh terpaku pada buku dan membaca seluruh jalan cerita di depan pendengar.

week 2 3

Sekarang, adik-adik menjadi mengerti bagaimana cara menjadi pembaca cerita yang baik. Mereka terlihat antusias untuk mengikuti training minggu depan. Mereka pun dibebaskan untuk membawa buku cerita mereka yang ada dirumah. Yeay, tidak sabar deh untuk ikut training minggu depan!

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>