Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Komunitas Mitra & Perpustakaan

 

Buku Berjalan Indonesia berkerja sama dengan komunitas formal maupun non formal yang bergerak pada bidang pendidikan.

Kami percaya sinergisme akan membuahkan hasil yang lebih nyata terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.

 

“Literacy unlocks the door to learning throughout life, is essential to development and health, and opens the way for democratic participation and active citizenship.”
-Kofi Annan, former United Nations Secretary-General

 

  • SD Islam Al-Hidayah, Jl. Rancabulan – Ciumbuleuit, Bandung

Sekolah pertama yang menjadi partner kami. Sebuah sekolah swasta kecil dengan tiga ruang kelas dan minat baca yang besar. Tidak memiliki perpustakaan atau sarana belajar untuk menunjang minat anak terhadap kegiatan membaca. Buku Berjalan akan membantu dan mendampingi proses pembangunan perpustakaan SD Islam Al-Hidayah demi terciptanya suasana belajar dan mengajar yang lebih kondusif bagi siswa.

SD Islam Al-Hidayah

Sekolah Non-Formal untuk adik-adik kita korban sengketa tanah di Rumpin, Kabupaten Bogor. Buku Berjalan menyediakan buku-buku pelajaran (terutama PAUD dan SD) serta buku cerita anak untuk mengakomodasi kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah Kita Rumpin. Dalam waktu yang akan datang, Sekolah Kita Rumpin akan memiliki Taman Baca sendiri yang dapat menjadi saran belajar bagi anak-anak.

Sekolah Kita Rumpin

Distribusi Buku dari Buku Berjalan untuk Sekolah Kita Rumpin

 

  • Rumah Baca Lagadar, : Jl. Palem F-10 Taman Bukit Lagadar RT 01/19 Cimahi, Bandung

Rumah Baca Lagadar adalah sebuah wadah bagi anak-anak di daerah Cimahi yang merupakan wilayah penduduk dengan mayoritas masyarakat berpendidikan rendah. Masyarakat di sekitar Rumah Baca Lagadar adalah masyarakat dengan profesi buruh pabrik tekstil. Hal ini berimbas pada rendahnya kualitas pendidikan anak di lingkungan tersebut. Ditambah dengan minimnya keberadaan fasilitas penunjang sarana belajar seperti perpustakan yang tidak terawat pada 4 SD yang ada di kawasan tersebut. Rumah Baca Lagadar menjadi alternatif bagi anak-anak untuk meningkatkan minat baca mereka.

Rumah Baca Lagadar

Dreamdelion adalah komunitas pemberdayaan masyarakat Manggarai melalui bisnis sosial kreatif. Manggarai Cerdas merupakan salah satu program dari Community Building Dreamdelion. Program ini terbentuk dilatar belakangi oleh kondisi anak-anak yang bermukim di sekitar Manggarai yang semakin memprihatinkan, Manggarai Cerdas bertujuan untuk mendidik karakter anak-anak di sekitar Manggarai. Salah satu bentuk kegiatan dari Manggarai Cerdas adalah Taman Baca Dreamdelion. Buku Berjalan membantu mendampingi penyediaan buku-buku bacaan anak yang dapat menambah pengetahuan mereka dan dapat membantu mengembangkan karakter baik pada diri anak-anak.